Cara Membuat Tahun Otomatis di Copyright Blogger

Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara membuat tahun otomatis pada copyright blog atau website. Copyright pada sebuah situs merupakan salah satu elemen yang cukup penting dan sebaiknya ada, karena selain sebagai penanda kepemilikan template dan blog copyright juga menjadi menjadi bukti hak cipta dan identitas pembuatnya.

Meskipun tidak harus ada, tetapi umumnya situs-situs di internet baik itu blog maupun website biasanya memiliki copyright dibagian paling bawah halaman situs tersebut, kemudian copyright biasanya berbentuk Copyright © Tahun - Nama Situs - All Right Reserved. Nah, coba sobat perhatikan contoh copyright tersebut, setelah simbol (c) yang merupakan simbol copyright terdapat tahun yang menunjukkan tahun saat ini atau tahun terakhir situs tersebut diperbaharui.

Biarpun cuma diganti sekali setahun tetapi tentunya kita tidak bisa tepat waktu mengganti copyright situs kita pada tanggal 1 Januari atau juga dikhawatirkan kita tidak ingat untuk menggantinya atau juga tidak bisa menggantinya karena berada ditempat yang jauh dari jangkauan koneksi internet. Banyak hal yang bisa menjadi kendalanya meskipun copyright cuma diganti sekali dalam kurang lebih 365 hari.

Inilah Langkah untuk Membuat Tahun Otomatis

Jadi untuk mengakali hal ini, kita bisa memanfaatkan javascript untuk membantu mengubah tahun pada copyright blog atau website secara otomatis jika tahun telah berganti. Kode javascript yang digunakan cukup sederhana saja, bentuknya seperti berikut ini.

<script type='text/javascript'>var creditsyear = new Date();document.write(creditsyear.getFullYear());</script>

Jadi sobat bisa mencoba menambahkannya pada blog atau website sobat, tempat meletakkan kode tersebut cukup tepat pada bagian tahun pada copyright, misalnya saja kode HTML untuk copyright sebuah situs adalah sebagai berikut.

<div id='copyright'>Copyright &#169; 2019 Blogcozone | Designed by : Alsa Theme</div>

Maka letakkan kode Javascript tadi tepat pada tempat tahun dalam kode HTML copyright diatas, sehingga kode tersebut akan terlihat seperti berikut ini.

<div id='copyright'>Copyright &#169; <script type='text/javascript'>var creditsyear = new Date();document.write(creditsyear.getFullYear());</script> Blogcozone | Designed by : Alsa Theme</div>

Nah, itu saja kode yang diperlukan. Sobat bisa mencoba kode tersebut sebagai simulasi sebelum memasangnya pada blog atau website sobat pada halaman HTML Editor. Atau sobat bisa melihat demo pada bagian paling bawah dari blog ini.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

1 komentar

  1. Terimakasih mas atas wejangannya. sangat bermanfaat sekali
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.